5 Strategi Investasi Hadapi Awal 2024 Yang Harus Kamu Tau – Investor harus mempersiapkan strategi investasi untuk menghadapi 2024. Strategi investasi yang di terapkan sejak awal tahun harapannya membawa hasil optimal untuk tujuan keuangan investor. Lantas, apa strategi investasi yang harus di terapkan investor untuk tahun depan? Perencana keuangan sekaligus Head of Advisory and Investment Operations PINA Rista Zwestika mengatakan, pada dasarnya tidak ada strategi investasi yang cocok untuk semua.

“Keputusan untuk tetap berinvestasi atau melakukan penyesuaian harus di dasarkan pada evaluasi teliti terhadap situasi ekonomi dan keuangan,” kata dia kepada Kompas.com, dikutip Jumat (15/12/2023). Rista menambahkan, strategi investasi juga harus di dasarkan pada tujuan investasi pribadi. Untuk 2024, Rista menyebut, seorang investor pertama-tama perlu mengevaluasi portofolionya. Caranya dengan mempertimbangkan apakah alokasi aset masih sesuai dengan tujuan dan toleransi risiko.

Di samping itu, investor juga perlu mempertimbangkan tingkat risiko yang ada. Kekhawatiran soal potensi penurunan nilai investasi perlu di ikuti dengan penyesuaian protofolio. Investor perlu ingat, pasar keuangan dapat berubah-ubah dan investasi selalu memiliki risiko. “Penting juga untuk memahami, tidak ada jaminan keuntungan dalam investasi, dan hasil masa lalu tidak menjamin hasil di masa depan,” tegas Rista. Untuk memulai perjalanan investasi pada 2024, berikut ini adalah beberapa strategi yang perlu di pahami investor dalam perjalanan investasi.

5 Strategi Investasi Hadapi Awal 2024 

1. Tujuan investasi

Ketika investor berinvestasi untuk tujuan jangka panjang seperti pensiun, pertmbangkan untuk mempertahankan investasi meskipun terjadi fluktuasi pasar jangka pendek.

2. Analisis fundamental

Investor perlu meninjau kondisi ekonomi dan kondisi perusahaan yang mendasari investasi. Strategi ini dapat membantu investor memahami potensi pertumbuhan dan risiko investasi ke depan.

3. Pantau berita dan peristiwa ekonomi

Investor perlu mengikuti perkembangan informasi ekonomi yang dapat mberpengaruh pada pasar. Sebagai catatan, perubahan kebijakan pemerintah, suku bunga, dan faktor-faktor global dapat memiliki dampak signifikan pada kinerja investasi.

4. Fleksibilitas strategi

Investor juga perlu lentur pada berbagai kemungkinan dalam menjalankan strategi investasi. Investor di harapkan tidak ragu untuk menyesuaikan portofolio seiring perubahan kondisi pasar dan ekonomi.

5 Strategi Investasi

Investor yang memiliki tujuan investasi jangka panjang, harus mempertimbangkan cara investasi yang teratur. Salah satu metode yang dapat di coba adalah dollar cost averaging, atau tetap berinvestasi secara teratur dan rutin tanpa memerhatikan harga. Investasi teratur dapat membantu mengurangi flutuasi pasar pada portofolio investor.