Makanan Indonesia yang Mendunia, Ada Yang Tau? – Bawang goreng baru saja menambah daftar panjang makanan olympus slot Indonesia yang mendunia. Taste Atlas menobatkan bawang goreng sebagai bumbu terenak di dunia dan menempati peringkat kedua, sebagaimana diumumkan dalam laman Taste Atlas. “Bawang goreng adalah bumbu tradisional Indonesia. Bawang goreng dibuat dengan cara menggoreng bawang merah yang diiris tipis-tipis dalam minyak sampai bawang merah menjadi garing dan berwarna keemasan,” tulis laman tersebut. “Rasanya digambarkan pahit dan gurih. Setelah disiapkan, bumbu ini biasanya disimpan dalam stoples kedap udara untuk digunakan di kemudian hari,” sambungnya.

Deretan makanan Indonesia yang mendunia

Tak hanya bawang goreng, kuliner Indonesia lain juga telah dikenal dunia. Bahkan beberapa makanan telah di akui sebagai warisan budaya Indonesia oleh UNESCO.

1. Rendang

Rendang pernah menjadi makanan paling starlight princess 1000 lezat nomor satu di dunia. Hidangan orang Minang ini terbuat dari daging, umumnya sapi yang di masak dengan santan. Proses pembuatannya membutuhkan waktu yang sangat lama, yakni sekitar 24 jam. Daging dan kuah santan itu di campur dengan rempah-rempah khas Indonesia dan di masak menggunakan api kecil hingga kuahnya mengering.

2. Nasi goreng

Di Indonesia, ada berbagai jenis olahan nasi goreng, seperti nasi goreng jawa, nasi goreng ikan asin, nasi goreng kambing, nasi goreng petai, dan nasi goreng dengan variasi lainnya. Kuliner berbahan dasar nasi ini sudah ada sejak abad ke-10. Konon, hidangan nasi goreng di pengaruhi oleh budaya Tionghoa yang di bawa orang China saat bermigrasi ke Indonesia.

3. Lumpia

Jajanan khas Semarang, Jawa Tengah, lumpia resmi di akui sebagai warisan budaya Indonesia oleh UNESCO sejak 2014. Lumpia merupakan makanan yang di dalamnya berisi berbagai macam varian, seperti sayur-sayuran dan daging. Di Semarang, lumpia yang terkenal adalah lumpia dengan isi rebung atau bambu muda yang padat. Tak ada aroma amis dari rebung yang di gunakan sebagai isian.

Baca Juga : AI Generatif Jadi Kebutuhan Kerja Tahun Depan

4. Tempe

Makanan khas Indonesia lainnya yang di akui UNESCO adalah tempe. Hidangan satu ini bahkan sudah tertulis dalam naskah Jawa Kuno, yakni Serat Centhini yang di buat pada abad ke-19. Dalam Serat Centhini tercantum naskah yang menceritakan sambal tempe, tempe goreng, dan tempe bacem. Tempe juga kaya akan protein dan gizi di dalamnya.

5. Rawon

Rawon masuk ke dalam deretan sup terenak di dunia versi Taste Atlas. Makanan khas Jawa Timur ini merupakan olahan daging yang di rebus ke dalam kuah berwarna hitam. Warna hitam dari kuah rawon terbuat dari rempah keluak yang di tambah dengan jeruk, serai, jahe, dan cabai.