Ilmuwan Manfaatkan Kayu Sebagai Sel Surya Ramah Lingkungan – Cahaya matahari saat ini di anggap sebagai potensi besar dalam menyediakan legend of garuda sumber energi berkelanjutan yang menjanjikan. Meskipun sel surya pada umumnya berbahan silikon mampu mencapai efisiensi tinggi, proses produksinya yang rumit dan tingginya konsumsi energi seringkali berdampak pada pelepasan bahan kimia berbahaya. Baca juga: Inovasi Terbaru untuk Sel Surya yang Stabil dan Efisien Satu tantangan yang di hadapi sel surya lainnya adalah bahan dasar yang sering kali berasal dari plastik atau polimer yang di hasilkan dari minyak. Hal ini menimbulkan keprihatinan karena meskipun bersifat organik sel surya tetap tidak dapat di anggap sepenuhnya ramah lingkungan. Lantas, bagaimana kita menciptakan sel surya yang tidak hanya organik tetapi juga benar-benar ramah lingkungan.

Lignin pada kayu berpotensi sebagai pengganti

Penelitian terbaru dari Universitas daftar roulette online Linkoping dan Royal Institute of Technology menyoroti potensi lignin kraft sebagai solusi untuk membuat sel surya lebih ramah lingkungan dan handal, di kutip dari Tech Xplore, Jumat (8/12/2023). Studi yang d publikasikan dalam jurnal Advanced Materials, mengungkap penggunaan kraft lignin diekstraksi langsung dari kayu sebagai lapisan antarmuka katoda pada sel surya organik. Meskipun masih sebagian kecil para peneliti berambisi untuk membangun sel surya yang hampir seluruhnya terbuat dari bahan kayu menggantikan material berbahan dasar minyak. “Kami ingin membangun sel surya yang efisien, andal, murah, dan ramah lingkungan,” kata Mats Fahlman, profesor di Laboratorium Elektronik Organik di Universitas Linkoping.

Baca Juga : Seberapa Efektif Terapi Air Jepang Dapat Menurunkan Berat Badan

Tidak beracun, ramah lingkungan, dan murah

Sel surya organik telah diadopsi terutama untuk penggunaan dalam ruangan dan dapat menggantikan baterai pada sensor serta perangkat hemat energi sejenisnya. Fahlman menyatakan bahwa ini merupakan langkah awal untuk masuk ke pasar sel surya organik dengan potensi pengembangan teknologi untuk aplikasi yang lebih besar seperti pasokan energi murni. Meskipun tidak akan mencapai tingkat efisiensi tertinggi kelebihan sel surya organik terletak pada karakteristiknya yang tidak beracun, ramah lingkungan, dan ekonomis. Dengan efisiensi sekitar 15-20 persen ini sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan sebagian besar aplikasi. Penerapan bahan kayu dalam pembuatan sel surya juga di anggap dapat meningkatkan aspek ramah lingkungan keseluruhan.

Mengapa memilih menggunakan kayu?

Kayu merupakan sumber daya slot777 yang melimpah dan terbarukan, menjadikannya bahan yang menarik untuk penerapan energi berkelanjutan, di kutip dari Life Technology, Jumat (8/12/2023). Keunggulan utamanya terletak pada kemampuannya terurai secara hayati dan tidak beracun memberikan manfaat positif untuk lingkungan dan kesehatan manusia. Keuntungan signifikan dari penggunaan kayu dalam sel surya organik adalah biayanya yang rendah. Ketersediaan kayu yang melimpah dan di peroleh dari sumber yang berkelanjutan membuatnya menjadi alternatif ekonomis di bandingkan dengan bahan yang biasa di gunakan dalam produksi sel surya.